Jumat, 05 Agustus 2011

Aktifitas Safety Riding Jawa Tengah

Beberapa peserta mencoba Alat Simulasi Berkendara HRT

Safety Riding Jawa Tengah bekerjasama dengan HTML ( Honda Tiger Mailing List ) mengadakan kegiatan bertema Safety Riding di Area GOR Jatidiri Semarang pada tanggal 10 Juli 2011. Kegiatan ini dilaksanakan berbarengan dengan acara Sarasehan yang diadakan pengurus HTML. Sekitar 300-an  perwakilan dari berbagai daerah di Indonesia turut
hadir meramaikan kegiatan Safety Riding ini.
Sesi Teori
                Acara pertama diisi dengan pemaparan teori safety riding oleh Oke Desiyanto, Koordinator Safety Riding Indonesia wilayah Jateng. Teori berisi tentang pengetahuan dasar bagaimana berkendara yang baik dan benar termasuk etika berkendara di jalan raya menggunakan roda 2. Kemudian dilanjutkan dengan praktek Simulasi berkendara menggunakan HRT ( Honda Riding Trainer ), disini peserta belajar tentang pola – pola bahaya yang sering terjadi di jalan raya. Akan muncul lembar penilaian setelah peserta menyelesaikan 1 rute. Di lembar penilaian akan terlihat jenis pelanggaran – pelanggaran apa saja yang dilakukan. Peserta ditantang untuk bisa mendapatkan nilai A sempurna yang artinya bisa menyelesaikan 1 rute dengan baik tanpa melakukan pelanggaran.
Slalom Pylon
                Praktek berikutnya adalah slalom pylon, yaitu bermanuver zig zag melintasi traffic cone. Dibutuhkan teknik berkendara yang baik seperti menikung, mengerem, akselerasi dan postur tubuh yang baik agar saat bermanuver tidak menyenggol cone. Peserta dengan catatan waktu tercepat terbaik berhak untuk mendapatkan 1 buah Helm Racing SNI.
                Kegiatan ini ditutup dengan penyerahan hadiah kepada para peserta yang berhasil mengikuti tantangan yang ada. Harapan dari kegiatan ini adalah agar semua peserta yang merupakan anggota dan pengurus HTML bisa mendapatkan tambahan ilmu tentang safety riding dan menerapkan prinsip – prinsip safety riding saat di jalan raya sehingga bisa menjadi contoh yang baik bagi pengguna jalan lain.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright @ 2009 Safety Riding Jawa Tengah: Aktifitas Safety Riding Jawa Tengah | Original Template: Minima Black | Modifikasi oleh NATALUDIN | Top