Rabu, 08 Agustus 2012

Seberapa Stabilkah kamu..??


Keseimbangan adalah salah satu syarat utama mengendarai sepeda motor. Dibutuhkan kestabilan yang tinggi agar kita mampu mengendalikan sepeda motor dengan baik pada saat kecepatan rendah maupun kecepatan tinggi. Keseimbangan ini berguna sekali pada saat kita menemui kondisi yang berbahaya agar jangan sampai kita terjatuh atau mengalami kecelakaan seperti pada saat menikung, melewati jalanan yang macet dan padat, atau pada saat kita melakukan pengereman mendadak.
Banyak pengendara motor yang tidak memiliki teknik keseimbangan yang baik namun merasa sudah mampu mengendarai motor. Hanya berbekal pengalaman bisa mengendarai sepeda genjot lalu menganggap sudah bisa menguasai sepeda motor. Padahal yang sering terjadi adalah bukannya mengendalikan sepeda motor tapi malah dikendalikan oleh sepeda motor.
Nah, buat kalian nih para bikers atau pengendara motor yang mungkin sudah bertahun – tahun mengendarai sepeda motor maupun yang pemula, apakah menurut kalian Teknik Keseimbangan itu penting? Apakah kalian sudah memiliki keseimbangan yang baik di atas sepeda motor?
Kali ini kami dari safety riding Honda akan memberikan salah satu teknik belajar keseimbangan di atas sepeda motor. Ini sekaligus untuk menguji apakah kita sudah mampu mengendalikan motor atau belum?
Dalam setiap Training Skill yang kami selenggarakan, kami selalu memberikan materi tentang keseimbangan. Peralatan yang dibutuhkan adalah papan atau plat besi sepanjang 15 meter, lebar 30 cm, dan tinggi 5-7 cm. Dalam Safety Riding alat ini dinamakan Narrow Plank. 

Caranya adalah, kendarailah sepeda motor sepelan mungkin diatas Narrow Plank dengan kecepatan rendah. Postur tubuh harus sempurna (baca artikel 7 Postur Berkendara) Posisi kedua kaki harus tetap menginjak barstep, tidak boleh terangkat apalagi sampai jatuh ke tanah atau aspal. Hitung berapa lama kita mampu bertahan di atas Narrow Plank. Keseimbangan dianggap baik apabila mampu bertahan selama minimal 30 detik diatas Narrow Plank sepanjang 15 meter. Semakin lama kita mampu bertahan, berarti keseimbangan kita semakin bagus. Hitungan dimulai saat Roda belakang sudah diatas Narrow Plank dan dihentikan saat Roda depan turun dari Narrow Plank.
Trus, gimana latihannya kalau gak ada Narrow Plank? Gampang, latihan saja di lapangan atau di jalanan yang sepi, lalu kendarailah motor sepelan mungkin dan usahakan selurus mungkin. Tahan agar stang kemudi tetap lurus dan jangan sampai kaki terangkat, ini akan melatih tubuh kita untuk mendapatkan keseimbangan maksimal. Latih terus sampai kita benar – benar mampu mengendalikan sepeda motor dengan baik.
Ok, itu adalah salah satu teknik yang harus dikuasai oleh pengendara motor. Artikel berikutnya kita akan belajar beberapa teknik – teknik yang lain. Terus tingkatkan kemampuan skill atau teknik berkendara, dengan cara berlatih sesering mungkin agar kita bisa terhindar dari kecelakaan di jalan raya. Ride Safely, Enjoy Your Life…

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright @ 2009 Safety Riding Jawa Tengah: Seberapa Stabilkah kamu..?? | Original Template: Minima Black | Modifikasi oleh NATALUDIN | Top