Senin, 21 November 2011

Edukasi Safety Riding SMK YPT Tegal





Bekerjasama dengan Workshop Astra Motor Tegal, Tim Safety Riding Indonesia Jawa Tengah mengadakan kegiatan Edukasi Safety Riding yang terangkum dalam Asmo Goes To School ke SMK YPT Tegal pada tanggal 19 November 2011 kemarin. Asmo Goes To School adalah kegiatan rutin yang dilakukan oleh Workshop atau Bengkel AHASS Astra Motor yang ada di beberapa kota di Jawa Tengah yang merupakan cabang dari PT. Astra International Tbk. – Honda Semarang.
Kegiatan yang diadakan di SMK YPT Tegal dibuka oleh Bp. Solehin selaku Kepala Sekolah. Dalam sambutannya, beliau menyatakan bahwa Edukasi Safety Riding atau keselamatan berkendara kepada pelajar pada saat ini sangat mutlak diperlukan, mengingat jumlah pelanggaran dan kecelakaan sepedamotor di kalangan pelajar tiap tahunnya semakin meningkat tak terkecuali di kota Tegal. Beliau berharap kepada seluruh siswa yang telah mengikuti edukasi ini bisa menerapkan safety riding dalam aktifitas kesehariannya pada saat bersepedamotor sehingga bisa terhindar dari kecelakaan dan syukur bisa menjadi contoh yang baik bagi pengendara lainnya.
Sekitar 90 siswa mengikuti dan memperhatikan dengan baik seluruh materi edukasi safety riding yang disampaikan oleh Oke Desiyanto selaku Kord. & Analys Safety  riding Jateng. Materi berisi tentang bagaimana etika dan cara berkendara menggunakan sepeda motor di jalan raya dengan aman dan nyaman sehingga bisa selamat selama perjalanan hingga sampai ke tempat tujuan. Persiapan tubuh berupa perlengkapan berkendara yang harus dipakai, pengecekan kendaraan dan teknik – teknik berkendara yang aman dan benar serta pengetahuan tentang pola – pola bahaya yang sering terjadi di jalan raya.
Kemudian Andri Karmiansyah, Mechanic Chief Workshop Asmo Tegal memperkenalkan Profil Astra Motor Tegal yang meliputi bag. Penjualan, Spare Part dan Bengkel AHASS. Dilanjutkan dengan materi Pengetahuan Sistem Injeksi yang memang sengaja diberikan karena siswa yang ikut dalam kegiatan ini adalah siswa Jurusan Otomotif.
Melengkapi kegiatan ini, diadakan demo di lapangan tentang bagaimana cara berkendara yang benar. Mulai dari Postur tubuh, teknik pengereman, teknik menikung dan teknik menjaga keseimbangan di atas sepeda motor. Dan diakhir acara diadakan riding challenge berupa tantangan menjaga keseimbangan di atas narrow plank, dimana peserta harus mampu melewati narrow plank dengan selambat mungkin dan postur tubuh tetap sempurna ( kaki tetap berada di pijakan ). Para peserta sangat antusias bahkan dari jajaran Guru juga tidak ketinggalan ikut dalam tantangan ini.Kegiatan ditutup dengan dengan penyerahan hadiah berupa Helm SNI untuk peserta yang berhasil mencatatkan waktu keseimbangan terlama. Diharapkan dengan kegiatan Edukasi Safety Riding dan Lalu Lintas ini, jumlah pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas di kalangan pelajar bisa menurun.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright @ 2009 Safety Riding Jawa Tengah: Edukasi Safety Riding SMK YPT Tegal | Original Template: Minima Black | Modifikasi oleh NATALUDIN | Top