Senin, 28 November 2011

Seminar dan Training Skill Safety Riding UNS


Bertempat di Gedung II Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta , Tim Safety Riding Astra Motor Semarang bekerjasama dengan Dishub Surakarta mengadakan Seminar Sosialisasi Keselamatan Jalan dan Lalu Lintas pada tanggal 24 November 2011 yang lalu. Seminar yang disupport oleh Dealer Honda Kurnia Kasih Solo ini diikuti oleh sekitar 200 undangan yang terdiri dari kalangan mahasiswa, Dosen dan beberapa wartawan media cetak. Hadir sebagai pembicara Ka Dishub Surakarta Drs. Yosca Herman Soedradjad Msc., Kusno Adi Sambowo Phd. selaku Pembantu Dekan 1 dan Oke Desiyanto selaku Koord. & Analyst safety riding dari PT. Astra International Tbk. – Honda Cab. Semarang.
Dalam pemaparannya, KaDishub menyampaikan beberapa upaya yang telah
dilakukan oleh Dishub Solo dalam rangka mengurangi tingkat kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas jalan raya di kota Solo. Beberapa hal yang telah dilakukan diantaranya Edukasi Lalu Lintas kepada anak usia dini, serta pembangunan sarana dan prasarana lalu lintas dan Sosialisasi Keselamatan Berkendara kepada masyarakat kota Solo melalui berbagai aktifitas.
Dalam seminar ini, Oke Desiyanto selaku Koord. & Analyst Safety Riding dari PT. Astra International Tbk. Honda memberikan materi safety riding mengenai pentingnya melakukan persiapan – persiapan sebelum berkendara agar aktifitas berkendara bisa berjalan aman, nyaman, selamat selama perjalanan hingga sampai ke tempat tujuan. Persiapan tubuh meliputi pemanasan, menggunakan perlengkapan keselamatan berkendara, surat – surat penting dll. Kemudian melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan untuk memastikan kendaraan siap dan aman dikendarai.

Para peserta juga berkesempatan untuk menguji etika berkendara dan mempelajari pola – pola bahaya yang ada di jalan raya dengan menggunakan alat simulator Honda Riding Trainer, dimana setelah menyelesaikan satu rute akan muncul lembar penilaian yang berisi pelanggaran apa saja yang kita lakukan selama berkendara.
Melengkapi seminar ini, para peserta juga mendapatkan pengetahuan teknik – teknik berkendara menggunakan sepedamotor yang aman dan nyaman melalui praktek di lapangan. Praktek di lapangan ini meliputi Pemeriksaan Sepedamotor sebelum dikendarai, Teknik naik dan turun dari sepedamotor dengan aman, Postur tubuh saat berkendara, Teknik Pengereman, Teknik menikung dan teknik menjaga keseimbangan di atas sepeda motor.
Akhirul Salam, Instrukur safety riding dari astra motor semarang mendemokan teknik – teknik tersebut di atas lintasan yang telah disetting menyerupai sirkuit mini. Masing – masing peserta di beri kesempatan untuk mencoba teknik – teknik tersebut sekaligus mengukur tingkat kemampuan berkendara menggunakan sepeda motor.
Yang paling menarik adalah Riding Challenge, dimana peserta ditantang untuk melewati papan keseimbangan narrow plank untuk mengukur tingkat keseimbangan dengan cara berkendara sepelan mungkin di atas narrow plank dengan menjaga postur tubuh terutama kaki tetap berada di pijakan. Peserta dengan catatan waktu terlama berada di atas narrow plank berhak untuk mendapatkan hadiah berupa satu buah Helm SNI dari Astra Motor Semarang.


Acara ditutup dengan foto bersama dan penyerahan hadiah kepada masing – masing pemenang oleh Bp Budi Yulianto Phd selaku Dosen Teknik UNS. Harapan dari kegiatan ini adalah tiap – tiap peserta bisa mengetahui tingkat kemampuan berkendaranya kemudian bisa meningkatkan kemampuan dan teknik – teknik berkendara dengan benar sehingga bisa terhindar dari kecelakaan di jalan raya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright @ 2009 Safety Riding Jawa Tengah: Seminar dan Training Skill Safety Riding UNS | Original Template: Minima Black | Modifikasi oleh NATALUDIN | Top