Senin, 21 November 2011

Edukasi Safety Riding dan Lalu Lintas


Semakin meningkatnya jumlah pengguna sepedamotor dikalangan pelajar ternyata berbanding lurus dengan jumlah pelanggaran dan kecelakaan dari para penggunanya yang terjadi di jalan raya.
Menyikapi hal tersebut, Tim safety riding Astra Motor Semarang bekerjasama dengan Dishub Kota Solo dan disupport oleh Dealer Honda Pratama Kurnia Kasih Solo mengadakan kegiatan Edukasi Safety Riding dan Lalu Lintas di SMA N 4 Surakarta & SMA Murni Surakarta.
Kegiatan diawali dengan Pemaparan dari Bp. Ari Wibowo selaku Staff bid.Lalu Lintas / Koord. CC Room Dishub Kota Solo, beliau memaparkan mengenai kondisi lalu lintas di kota Solo serta sarana dan prasarana jalan yang tersedia pada saat ini. Kemudian beberapa gambaran dan data kecelakaan yang pernah terjadi di kota Solo.
Dilanjutkan dengan penyampaian Materi dari Tim Safety Riding Astra Motor yang
berisi tentang bagaimana etika dan cara berkendara menggunakan sepeda motor di jalan raya dengan aman dan nyaman sehingga bisa selamat selama perjalanan hingga sampai ke tempat tujuan. Persiapan tubuh berupa perlengkapan berkendara yang harus dipakai, pengecekan kendaraan dan teknik – teknik berkendara yang aman dan benar disampaikan oleh Oke Desiyanto selaku Koord. & Analyst Safety Riding Indonesia wil. Jawa Tengah.
Melengkapi kegiatan ini, diadakan demo di lapangan tentang bagaimana cara berkendara yang benar. Mulai dari Postur tubuh, teknik pengereman dan teknik menjaga keseimbangan di atas sepeda motor. Dan diakhir acara diadakan riding challenge berupa tantangan menjaga keseimbangan di atas narrow plank, dimana peserta harus mampu melewati narrow plank dengan selambat mungkin dan postur tubuh tetap sempurna ( kaki tetap berada di pijakan ). Para peserta sangat antusias bahkan dari jajaran Dishub juga tidak ketinggalan ikut dalam tantangan ini.
Kegiatan ditutup dengan dengan penyerahan hadiah berupa Helm SNI untuk peserta yang berhasil mencatatkan waktu keseimbangan terlama. Diharapkan dengan kegiatan Edukasi Safety Riding dan Lalu Lintas ini, jumlah pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas di kalangan pelajar bisa menurun.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright @ 2009 Safety Riding Jawa Tengah: Edukasi Safety Riding dan Lalu Lintas | Original Template: Minima Black | Modifikasi oleh NATALUDIN | Top