Keseimbangan adalah salah satu syarat utama mengendarai
sepeda motor. Dibutuhkan kestabilan yang tinggi agar kita mampu mengendalikan
sepeda motor dengan baik pada saat kecepatan rendah maupun kecepatan tinggi. Keseimbangan
ini berguna sekali pada saat kita menemui kondisi yang berbahaya agar jangan
sampai kita terjatuh atau mengalami kecelakaan seperti pada saat menikung,
melewati jalanan yang macet dan padat, atau pada saat kita melakukan pengereman
mendadak.
Banyak pengendara motor yang tidak memiliki teknik
keseimbangan yang baik namun merasa sudah mampu mengendarai motor. Hanya berbekal
pengalaman bisa mengendarai sepeda genjot lalu menganggap sudah bisa menguasai
sepeda motor. Padahal yang sering terjadi adalah bukannya mengendalikan sepeda
motor tapi malah dikendalikan oleh sepeda motor.
Nah, buat kalian nih para bikers atau pengendara motor yang
mungkin sudah bertahun – tahun mengendarai sepeda motor maupun yang pemula, apakah
menurut kalian Teknik Keseimbangan itu penting? Apakah kalian sudah memiliki
keseimbangan yang baik di atas sepeda motor?
Kali ini kami dari safety riding Honda akan memberikan salah
satu teknik belajar keseimbangan di atas sepeda motor. Ini sekaligus untuk
menguji apakah kita sudah mampu mengendalikan motor atau belum?
Dalam setiap Training Skill yang kami selenggarakan, kami
selalu memberikan materi tentang keseimbangan. Peralatan yang dibutuhkan adalah
papan atau plat besi sepanjang 15 meter, lebar 30 cm, dan tinggi 5-7 cm. Dalam
Safety Riding alat ini dinamakan Narrow Plank.
Caranya adalah, kendarailah sepeda motor sepelan mungkin
diatas Narrow Plank dengan kecepatan rendah. Postur tubuh harus sempurna (baca artikel 7 Postur Berkendara) Posisi kedua kaki harus tetap menginjak barstep,
tidak boleh terangkat apalagi sampai jatuh ke tanah atau aspal. Hitung berapa
lama kita mampu bertahan di atas Narrow Plank. Keseimbangan dianggap baik
apabila mampu bertahan selama minimal 30 detik diatas Narrow Plank sepanjang 15
meter. Semakin lama kita mampu bertahan, berarti keseimbangan kita semakin
bagus. Hitungan dimulai saat Roda belakang sudah diatas Narrow Plank dan
dihentikan saat Roda depan turun dari Narrow Plank.
Trus, gimana latihannya kalau gak ada Narrow Plank? Gampang,
latihan saja di lapangan atau di jalanan yang sepi, lalu kendarailah motor
sepelan mungkin dan usahakan selurus mungkin. Tahan agar stang kemudi tetap
lurus dan jangan sampai kaki terangkat, ini akan melatih tubuh kita untuk
mendapatkan keseimbangan maksimal. Latih terus sampai kita benar – benar mampu
mengendalikan sepeda motor dengan baik.
Ok, itu adalah salah satu teknik yang harus dikuasai oleh
pengendara motor. Artikel berikutnya kita akan belajar beberapa teknik – teknik
yang lain. Terus tingkatkan kemampuan skill atau teknik berkendara, dengan cara
berlatih sesering mungkin agar kita bisa terhindar dari kecelakaan di jalan
raya. Ride Safely, Enjoy Your Life…
0 komentar:
Posting Komentar